8 Motivasi yang Bikin Sukses, Apapun Profesi Kamu

Apapun yang kita kerjakan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan esok kita harus miliki rencana yang lebih dari hari ini. Untuk menjaga semangat itu tentu seseorang butuh yang namanya trigger, dorongan atau motivasi yang bikin sukses.

motivasi bikin sukses
pixabay.com


Tanpa itu bisa jadi hari ini akan biasa saja. Besok apa yang dikerjakan tanpa perencanaan dan bagaikan ritus, sesuatu yang berputar sebagaimana mestinya tanpa greget sama sekali.


Menjadi penting bagi setiap orang untuk miliki motivasi yang bikin sukses karena akan menjaga api semangat terus menyala. Konsistensi dalam kacamata positif dan progresif itu ada.


Motivasi untuk berhasil bukan hanya berlaku bagi pengusaha saja tapi juga bagi semua orang secara keseluruhan. Bahkan seorang pelajar pun harus memiliki motivasi ini.

Baca juga: Usaha Produktif Saat Pensiun Modal di Bawah Rp 20 Juta


Motivasi yang Bikin Sukses dan Harus Kamu Miliki 


Motivasi ada banyak jenis dan ragamnya. Ada yang berasal dari dalam diri sendiri dan ada pula yang berasal dari luar. Namun perlu diketahui bahwa motivasi internal jauh lebih baik daripada motivasi eksternal.


Hal ini karena setiap individu memiliki kuasa atas dirinya sendiri. Ingat sukses atau gagalnya kamu yang menentukan bukan orang lain tapi mentalitas masing-masing individu.


Berikut 8 motivasi yang bikin sukses bagi siapa saja 


1. Kerja Keras dan Disiplin


Dua hal yang merupakan satu kesatuan dan tidak dapat terpisahkan tentunya. Dimana orang yang kerja keras memiliki kecenderungan disiplin dan sebaliknya.


Sifat ini akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang. Berdasar fakta hampir pasti dibilang tak ada orang sukses tanpa sikap positif tersebut.


Pemain kelas dunia seperti Cristiano Ronaldo pun mengatakan apa yang ia dapat hari ini adalah buah dari kerja kerja sejak kecil. Dimana ia akan berlatih lebih banyak dari pemain lain untuk melatih fisik dan skill untuk mencapai kemampuan diatas rata-rata.


2. Kembangkan Ide dan Kreatifitas


Otak manusia adalah aset terbaik yang dimiliki. Dimana setiap orang bisa dipastikan mereka memiliki otak. Yang menjadi pertanyaan kemudian kenapa ada diantara mereka yang bisa sukses dan memiliki karya besar dan ada yang biasa-biasa.


Semua itu hampir bisa dipastikan karena ia berani memaksa otak untuk berpikir diatas rata-rata. Berpikir dengan cara out of the box sehingga bisa menghasilkan karya.


Tak perlu takut berada di zona yang tidak nyaman. Ingat yang pasti di dunia itu adalah ketidakpastian itu sendiri maka menjadi penting untuk masing-masing orang mengembangkan ide dan kreatifitas seluas mungkin.  


3. Fokus


Banyak orang tidak bisa mencapai apa yang diinginkan biasanya karena ia tidak fokus dengan apa yang dikerjakan. Antara hati dan pikiran tidak sesuai atau lebih parahnya tidak ada di tempat.


Semisal bagi mereka yang ingin menjadi seorang penulis atau content creatif. Hampir dipastikan satu karya tidak akan bermunculan bila ternyata pikiran tidak ada di tempat.


Orang-orang yang kesulitan menentukan tujuan sejak awal memiliki kecenderungan hanya akan membuang waktu sia-sia. Waktu tak bisa diputar kembali, usia akan terus berjalan dan ada tugas-tugas perkembangan yang harus dituntaskan ditiap masa.


4. Optimisistis


Fokus saja tidak cukup tapi juga harus disertai dengan rasa optimistis. Dimana apa yang dikerjakan hari ini adalah bagian dari skenario jangka panjang. 


Bagai membangun sebuah rumah tentunya. Ada masing-masing tahapan yang harus dikerjakan sebelum mengerjakan yang lain. Suka atau tidak suka itu harus dikerjakan.


Rasa ini juga mampu untuk memompa semangat bila satu ketika terjatuh. Harus berani mengatakan, saya akan bangkit lagi dan mencoba kembali. Tak ada alasan untuk menyerah atas apa yang dikerjakan. 


5. Selalu Berpikir Terbuka 


Jangan pernah seperti katak dalam tempurung. Ingat dunia itu luas, ilmu itu juga luas, di atas langit masih ada langit.


Jangan pernah menutup diri untuk berhenti belajar. Buka hati dan pikiran untuk mempelajari semua hal baru. Ilmu atau wawasan itu bisa jadi seperti permainan puzzle dimana satu sama lain saling keterkaitan dan kita harus memiliki kemampuan untuk menyatukan.


Berpikir tertutup atau enggan belajar itu seperti menggali kehancuran, pelan tapi pasti. Kita harus belajar dari BlackBerry, Kodak, Yahoo dan lain-lain. Perusahaan sebesar mereka pun pernah melakukan kesalahan fatal karena terlalu percaya diri dan kini harus tertinggal jauh oleh kompetitor.


6. Profesional 


Terlalu sering mungkin, kita akan mendengar istilah ini dalam dunia bisnis. Tapi bila tidak bisa mengimplementasikan akan sama saja.


Untuk bisa dalam taraf profesional tentu ada tuntutan standar yang lebih tinggi. Harus terus berlatih dan berlatih hingga optimal. Hasil kerja sesuai dengan standar minimal yang disyaratkan sehingga ada tolak ukur atas setiap pekerjaan.


Profesional juga harus bisa melepaskan energi emosional negatif yang seringkali membuat berantakan. Memisah, memilih dan memilah mana yang bisa mana yang tidak. 


7. Berdoa 


Libatkan Tuhan dalam setiap langkah sehingga mau gagal atau berhasil tidak ditanggapi secara berlebihan. Ingat apa yang terjadi dalam hidup ini atas kuasa-Nya.


Jangan sekali-kali jumawa dan takabur bahwa suksesnya seseorang tanpa andil yang lain. Terlebih masyarakat Indonesia dikenal memiliki religiusitas yang baik.


8. Dukungan Lingkungan Sekitar


Sukses itu bukan terjadi serta merta. Ada proses panjang dan melibatkan orang sekitar. Tak ada rumus superman dalam dunia bisnis. Yang ada kemudian adalah super tim.


Melihat betapa hebatnya Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pun tak akan berdaya bila sendirian. Mereka bisa hebat juga berkat kerja sama tim. Bukan hanya sesama pemain tapi ada juga pelatih, tim medis dan tentunya penonton setia yang sering disebut sebagai pemain ke 12.


Dengan menjaga beberapa motivasi yang bikin sukses di atas tentu akan mempermudah seseorang menggapai cita-cita atau impian. Bila ternyata kamu belum ada kini mulai saatnya tentukan apa saja motivasi yang bikin sukses dan perlu kamu miliki.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama