5 Usaha Produktif Saat Pensiun Modal di Bawah 20 Juta

Mungkin disini ada kawan-kawan yang memiliki ayah atau ibu yang hendak pensiun. Ada baiknya mulai sekarang untuk dipersiapkan usaha produktif saat pensiun. 

usaha produktif saat pensiun
pixabay.com


Jangan sampai nanti tiba saatnya, dan mereka bingung mau apa kemudian. Pensiun hendaknya di isi dengan kegiatan yang membahagiakan tanpa menguras energi.


Kegiatan-kegiatan kecil yang mengutamakan kebersamaan dengan anggota keluarga menjadi pilihan terbaik. Menjadi pertanyaan selanjutnya bagi mereka yang biasa bekerja dan mendapatkan penghasilan.


Bagi mereka yang memiliki modal besar pastinya tak ada kesulitan untuk menentukan apa usaha produktif saat pensiun yang bisa dibangun. Lain cerita modal yang ada cukup terbatas, pastinya butuh yang namanya kreatifitas.


Dan berikut Usaha Produktif Saat Pensiun modal minimalis:


1. Content Writer


Bagi mereka yang suka menulis bisa jadi ini adalah usaha produktif terbaik yang bisa dipilih. Kini banyak perusahaan yang membutuhkan content writer berpengalaman.


Terlebih bila memiliki latar belakang yang spesifik dan banyak dibutuhkan orang semisal akuntan, pajak, HRD dan lain-lain. Berbagai pengalaman empiris yang dilakoni hingga puluhan tahun tersebut tentu memiliki nilai tersendiri bagi pembaca.


Untuk menjadi seorang content writer cukup bermodal laptop dan kuota internet. Dua hal tersebut bisa jadi tidak perlu susah beli karena tiap hari telah menggunakan. Waktu untuk mengerjakan tulisan pun cukup fleksibel selama tahu kapan tugas itu harus diselesaikan.


Paling menarik dengan menulis tentunya otak masih akan dipakai untuk pekerja dan beban kerja secara fisik bisa dibilang tidak ada. Terlebih bila itu adalah nilai  atau idealisme yang dipilih.


2. Bisnis Online 


Kegiatan ini mungkin paling banyak dipilih dengan pertimbangan bisa dikerjakan kapanpun. Dan pastinya cukup modal smartphone. Syukur-syukur telah memiliki jaringan tentunya jalan sukses berbisnis online kian terbuka lebar.


Bisnis online ini cukup memanfaatkan sosial media yang ada. Terdapat belasan marketplace yang bisa dipilih tinggal sesuaikan segmen ke mana.


Barang yang dijual pun bisa produksi sendiri atau menjual produk orang dengan cara reseller atau dropshipper. Bila harus menjual produk orang pastikan dapat dari orang pertama bukan kedua, ketiga atau keempat.


3. Bisnis Agro


Kegiatan ini sangat identik dengan mereka yang pensiun. Menghabiskan masa tua dengan berkebun dan bertani atau memelihara hewan ternak sebagai kegiatan sehari-hari.


Bila memang ada lahan di sekitar rumah kenapa tidak dicoba. Ada banyak jenis bisnis agro yang bisa dipilih semisal memelihara bunga yang saat ini tengah booming atau budidaya ikan hias.


Tinggal sesuaikan dengan apa yang ada saja. Jangan paksakan bila memang tidak ada hasrat karena susah untuk berhasil. Paling penting adalah apa yang dikerjakan bikin bahagia.


4. Memulai Bisnis


Kalau kamu berada di pemukiman perkotaan yang padat penduduk dan rata-rata mereka tidak suka mencuci maka silakan garap lahan basah ini. Mesin cuci, tempat jemur sudah pasti ada, tinggal rekrut satu orang untuk bantu-bantu bila dirasa perlu.


PR pertama yang harus dikerjakan adalah membuka pasar. Cara yang bisa dipilih bisa dengan memberikan informasi kepada orang sekitar. Bisa bikin poster dan ditempel / bagikan atau menggunakan whatsapp.


5. Toko Kue dan Roti


Suka baking selama bekerja dan belum sempat optimalkan potensi. Maka kini saatnya untuk mencoba lebih banyak lagi. Tak hanya sekadar bikin kue dan roti tapi menjadikan uang.


Semua alat-alat untuk baking pastinya juga ada. Bila kurang satu dua alat yang memang harus beli ada baiknya untuk segerakan. Jadikan itu bagian dari investasi untuk memulai usaha produktif saat pensiun.


Semua usaha itu hendaknya dipikirkan dengan matang. Memperhatikan segmen pasar yang hendak dibidik. Jangan sampai nanti ada kendala yang sebenarnya tidak perlu bila telah dipikirkan di awal.


Paling utama yang harus diperhatikan adalah sederhana dan sesuai dengan passion. Bila itu ada maka semua akan menjadi lebih mudah.


Jangan sekali-kali memilih bisnis yang tidak disukai, tidak dibutuhkan orang dan tidak dikuasai. Potensi untuk gugur di tengah jalan jauh lebih besar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama