EKRUT, Cara Baru Cari Kerja dan Solusi Rekrutmen Online Terbaik

Tahun ini adalah tahun ke 10 saya menjadi seorang recruiter, tepatnya adalah human capital dibidang rekruitmen. Dan tahun ini menjadi satu tahun yang luar biasa dengan adanya Covid19. Beruntung saya menemukan EKRUT sebagai solusi rekrutmen online yang memudahkan siapaun yang menjadi bagian dari tim rekruitmen dan pastinya mereka para pencari kerja.

dashboard ekrut
ekrut.com


Tidak saja hanya bagi tim rekrutmen, tapi situs ini juga pastinya sangat membantu para pencari kerja atau jobseeker. Khususnya mereka adalah talent ready yang siap bersaing dan mengisi kekosongan posisi di perusahaan. Dimana mereka tetap bisa mencari pekerjaan meski harus di rumah saja.


Pandemi sejak masuk tanah air langsung berdampak dalam segala bidang. Banyak perusahaan akhirnya harus melakukan efisiensi dengan pengurangan karyawan. 


Namun setelah itu pastinya mereka harus merekrut kembali tenaga kerja siap pakai untuk mengisi kekosongan yang ada. Tapi kali ini pastinya tidak ada lagi metode rekrutmen konvensional.


Dimana antara perwakilan perusahaan (tim rekrutmen) bertemu secara langsung dengan kandidat. Harus ada satu cara efektif untuk menjembatani hal itu. Protokol kesehatan diterapkan dan sebisa mungkin tanpa ada tatap muka tapi proses seleksi bisa berjalan dengan baik.


EKRUT sebagai Solusi Rekrutmen Online

profil ekrut
ekrut.com

Membangun satu sistem rekrutmen tentu bukan perkara mudah. Membutuhkan tim IT dan asesor yang handal untuk mencipta itu semua. Untuk membuat norma alat tes pun membutuhkan waktu yang panjang.


Sementara itu kegiatan rekrutmen tetap harus berjalan. Butuh satu solusi jangka pendek dan jangka panjang pastinya.


Bila ada modal yang cukup pastinya bila membangun satu sistem yang mampu merubah cara kerja konvensional menjadi rekrutmen online. Solusi di depan mata yang bisa diambil pastinya adalah menggunakan Ekrut sebagai solusi rekrutmen yang tepat guna dan langsung bisa dimanfaatkan.


Sangat praktis karena tinggal buka laptop atau smartphone dan langsung isi form tersedia. Tidak pakai lama dan langsung bisa digunakan.

 

Cara Kerja EKRUT sebagai Digital Talent Recruitment


Satu hal yang langsung saya rasakan begitu melihat EKRUT sebagai digital talent recruitment. Jembatan atau tools yang mampu mempertemukan talent ready dengan perusahaan. Artinya konsep the right man on the right place langsung bisa ditemukan.


Mereka yang sesuai dengan kualifikasi yang akan berjodoh. Jadi bagi para pencari kerja dan recruiter saat menggunakan aplikasi ini pastinya harus mengisi data sevalid mungkin, sedetail mungkin dan pastikan lengkap.


Bila ada satu informasi tidak masuk bisa jadi “jodoh” itu tidak akan nampak. Kalaupun ada pun bisa jadi tidak sesuai dengan kriteria diinginkan, baik itu disisi pemberi kerja maupun pencari kerja.


Kelebihan Solusi Rekrutmen Online


Ada banyak kelebihan EKRUT yang saya temukan. Baik bagi para pencari tenaga kerja maupun para pencari kerja.


Sangat praktis dan sederhana tapi bisa menjawab kebutuhan. Tidak bertele-tele dan alat ini bisa menjadi solusi rekrutmen online yang sangat praktis digunakan.


Hendaknya, setiap individu baik itu tim rekrutmen maupun pencari kerja memiliki EKRUT. Tujuannya sudah pasti agar selalu mendapat update setiap saat.


Seperti yang telah saya sampaikan diatas bahwa EKRUT adalah marketplace untuk tenaga kerja siap pakai. Artinya mereka siap menjembatani pertemuan antara calon tenaga kerja dengan perusahaan.


Mereka memberikan manfaat terbaik untuk masing-masing pihak baik itu bagi para jobseeker (pencari kerja) maupun recruiter (perusahaan). Untuk membuktikan hal itu, saya sebagai bagian tim rekrutmen tentu harus mengulik lebih dalam baik itu dashboard sebagai talent maupun sebagai employer.


Namun dalam tulisan ini pastinya akan lebih bermanfaat bila saya ulas dari sudut pandang pencari kerja. Hal ini karena akan sangat membantu siapa saja yang membutuhkan pekerjaan dan bagaimana mereka bisa mendapat posisi terbaik tanpa repot. 


6 Kelebihan EKRUT yang Harus Kamu Tahu


1. Mudah Digunakan


Satu yang akan dirasakan para pencari kerja saat menggunakan EKRUT pastinya adalah mudah digunakan. Tampilan sederhana memudahkan bagi siapa saja untuk mengisi form yang ada maupun mengecek proses sampai dimana.


2. Gratis Bagi Talent


Saat ini dimana hampir semua platform menawarkan versi berbayar, EKRUT masih hadir dengan versi gratis. Namun demikian manfaat yang ditawarkan sangat powerfull.


3. Dapat Pekerjaan Tanpa Melamar


Hari gini mungkin akan sulit membayangkan bagaimana para pencari kerja bisa mendapat pekerjaan tanpa harus melamar pekerjaan. Semua itu hanya bisa dilakukan EKRUT karena mereka akan menjadi ‘makcomblang’ terbaik.


4. Lowongan Valid


Tak ada seorang pun tim rekrutmen yang bisa posting iklan abal-abal di EKRUT. Hanya mereka yang telah terverifikasi yang bisa posting iklan lowongan kerja. Alamat email yang digunakan pun harus menggunakan domain perusahaan.


5. Terkoneksi Linkedin


Seringkali cara paling mudah cari kerja bagi pencari kerja tentu saja menggunakan Linkedin. Saat ini EKRUT pun telah terkoneksi keduanya dan hal ini pastinya memudahkan untuk memantau mana yang lebih baik dan mana yang lebih cepat.


6. Notifikasi


Kabar baik itu harus diinformasikan dan hal ini menjadi konsen bagi EKRUT dimana mereka akan memberikan notifikasi bagi para talent yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu lagi harus cek satu-satu karena pemberitahuan ini sifatnya otomatis.


Dengan semua kelebihan diatas masihkan ragu untuk menggunakan aplikasi cari kerja online ini. Saya rasa akan sangat merugi mereka yang tidak memanfaatkan EKRUT sebagai solusi rekrutmen online.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama