Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Softskill Era Digital yang Wajib Kamu Miliki

Softskill Era Digital - Dari tahun ke tahun, teknologi terus mengalami perkembangan. Inovasi-inovasi baru pun juga turut bermunculan. 

softskill era digital
dok UBSI

Kegiatan-kegiatan lama mulai digantikan oleh kegiatan baru yang tentunya berkaitan dengan teknologi ini. Satu per satu orang-orang pun mulai mengalihkan sebagian aktivitasnya di dunia nyata ke dunia digital.

Apalagi perusahaan-perusahaan yang kini mau tidak mau harus mengikuti perkembangan zaman. Mereka mencari terobosan baru dengan menciptakan berbagai tools atau aplikasi yang memudahkan pekerjaan.

 Atau mungkin, hampir separuh dari aktivitas perusahaan, mereka alihkan ke digital. Hal ini tentu berdampak pada persaingan  ketenagakerjaan. 

Persaingan tersebut bukan hanya datang dari dalam negeri saja. Tetapi sudah menyeluruh ke seluruh dunia karena teknologi ini tidak terbatas oleh ruang dan waktu. 

Semua orang dapat mengakses dan menjadi pesaing satu dengan yang lainnya. Berbicara soal perkembangan teknologi dan persaingan ketenagakerjaan, kamu juga perlu menguasai beberapa hal baru yang berkaitan dengannya. 

Karena era sudah berubah, maka skills yang dikuasai pun harus bertambah. Softskill dan hardskill adalah dua kemampuan yang harus kamu miliki sekarang. 

Keduanya sama-sama penting untuk memulai pekerjaan di era digital ini. Softskill ini tidak bisa kamu dapat begitu saja dari materi sekolah maupun kuliah. Perlu melatihnya setiap hari hingga dapat menguasainya dengan baik.

Softskill yang Wajib Kamu Kuasai

Ada berbagai macam softskill era digital yang wajib kamu kuasai. Dengan softskill ini kamu dapat menjalankan pekerjaan dengan baik hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Dinamika pekerjaan yang berubah-ubah tentunya membuat dirimu tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan hardskill saja. Softskill ini penting dimiliki karena dapat membantumu mengontrol diri dan menyesuaikan dengan lingkungan yang ada. 

Tentunya lingkungan yang sewaktu-waktu berubah dalam dunia pekerjaan. Softskill ini tidak dapat ditentukan dengan nilai, sehingga murni dari tindakan atau perbuatan yang kamu lakukan sehari-hari.

Inilah beberapa softskill yang harus kamu kuasai demi dapat bertahan di dunia kerja pada masa digital ini:

1. Manajemen Waktu

Di dunia kerja banyak sekali orang-orang hebat yang dapat menguasai suatu keahlian. Mereka dapat diandalkan untuk memecahkan beberapa masalah yang terjadi. 

Bahkan saking ahlinya, mereka bukan hanya dapat mencari jalan keluar, namun juga membuat inovasi. Akan tetapi terkadang orang-orang yang memiliki keahlian tersebut sering menyepelekan waktu. 

Sehingga datang kerja terlambat dan suka izin. Nah dari sinilah kamu dapat mengetahui bahwasanya hardskill memang diperlukan namun apabila tanpa dibarengi kemampuan softskill akan kacau-balau.

Salah satu softskill terpenting yang harus kamu miliki adalah manajemen waktu. Memanajemen waktu merupakan kemampuan yang jarang dimiliki oleh seseorang. 

Kebiasaan orang menyepelekan waktulah yang membuat kemampuan itu tidak dapat dimiliki.Sebagai seorang pekerja profesional kamu wajib disiplin waktu. 

Dengan cara memanajemen waktu sebaik mungkin. Mana yang harus dilakukan terlebih dulu, mana yang dapat dilakukan nanti setelahnya, kamu harus pandai memilahnya.

Memilah kegiatan yang penting dan harus dilakukan, dan mana yang tidak perlu, harus mulai kamu biasakan. 

2. Beradaptasi dengan Lingkungan

Lingkungan pekerjaan yang dinamis membuat orang harus pandai beradaptasi dengan baik. Mereka mau tidak mau harus mengesampingkan rasa egois diri untuk kepentingan bersama. 

Cara ini memaksa untuk setiap orang lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Dan kamu yang terjun di dunia kerja harus memiliki softskill ini. 

Pahami apa keinginan lingkungan kerja sehingga kamu mampu beradaptasi dengan mereka dan menyesuaikan dengan apa yang mereka inginkan. Kesampingkan terlebih dulu prinsip dan egois diri yang membuatmu sulit beradaptasi dengan baik. 

3. Berkomunikasi dengan Baik

Selain beradaptasi dengan lingkungan kerja, kamu juga dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan baik pada siapa pun. Entah itu sesama rekan kerja atau klien perusahaan tempatmu bekerja. 

Menjalin komunikasi dengan baik akan menurunkan kemungkinan terjadinya kesalahpahaman antara pekerja satu dengan yang lainnya.

Selain itu, komunikasi yang dibangun dengan baik akan memudahkan atasan menyelaraskan visi dan misi dengan bawahannya. Sehingga perusahaan dapat berkembang dalam kerja sama yang dibangun oleh berbagai elemen. 

Atasan, bawahan dan yang lain saling bahu-membahu untuk kemajuan perusahaan.

4. Mengontrol Emosional

Di dalam dunia kerja kamu akan menemukan berbagai macam karakter orang. Tentunya karakter tersebut tidak mesti sama dengan karaktermu. Oleh sebab itu, kamu harus memiliki softskill mengontrol emosi ini. 

Kamu harus mampu mengendalikan emosi dan perasaanmu yang memang kadang tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan. Orang-orang yang mempunyai karakter berbeda itu akan menjadi lawan bicaramu terus-menerus selama kamu dan orang tersebut masih berada di dalam dunia kerja yang sama.

Ada yang menyenangkan, ada pula yang menjengkelkan. Bahkan sampai ada yang terus-menerus menyulut amarahmu. 

Kamu harus tetap sabar dan mengendalikan emosimu. Emosi di sini bukan hanya marah, tetapi juga tentang mengambil sikap. Kapan harus bersikap seperti ini, dan kapan harus bersikap seperti itu.

5. Memecahkan Masalah

Masalah demi masalah akan kamu hadapi ketika terjun di dunia kerja. Masalah yang satu sudah selesai, masalah satunya lagi muncul. 

Begitulah rotasi kehidupan dalam dunia kerja. Meskipun demikian, kamu tidak boleh banyak mengeluh. Dan harus menjadi problem solving bagi masalah yang sedang kamu hadapi.

Jika kamu berhasil memecahkan masalah-masalah yang silih berganti datang, kamu akan menjadi obyek sorotan dari atasan atau kalau tidak, setidaknya softskill ini dapat membantumu bertahan dalam kerasnya dunia kerja.

Apalagi di era digital ini. Masalah akan semakin kompleks dan dirimu akan dituntut untuk terus dapat memecahkan masalah yang ada. 

6. Kreatif dan Inisiatif

Siapa pun yang bergelut di dunia kerja tentunya dituntut untuk senantiasa kreatif dan mempunyai inisiatif. Karena pada dasarnya kreatif akan membuat hasil dari kerjamu lebih bagus dan lebih fresh dari hasil yang sebelumnya. 

Apalagi kamu mempunyai inisiatif, kamu akan menjadi orang terdepan di lingkungan kerjamu. Inisiatif ini tidak semua orang memilikinya. 

Ada beberapa orang yang tidak berinisiatif untuk melakukan sesuatu yang bisa saja mengubah nasibnya. Namun banyak pula orang yang berinisiatif untuk sebuah perubahan agar mereka terus berkembang. 

Andai kamu diminta untuk memilih, memilihnya menjadi orang yang kreatif dan mempunyai inisiatif.

Itulah beberapa softskill yang wajib kamu miliki di era digital ini. Karena apa, di era digital ini pekerjaan akan memiliki masalah yang semakin kompleks. 

Di mana masalah tersebut tidak dapat diselesaikan hanya dengan menggunakan kemampuan hardskill saja. Tetapi juga harus memiliki softskill. 

Softskill menjadi penyeimbang agar pekerjaan yang kamu jalani saat ini dapat diselesaikan dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Atau bisa saja, menjadi bekalmu menghadapi masalah-masalah pekerjaan yang tentunya tidak hanya datang di dunia kerja saja tetapi juga faktor luar.

Lina
Lina Hey semua, perkenalkan nama saya Lina. Seorang ibu rumah tangga yang dikala senggang menulis untuk berbagai platform. Saat ini selain menulis untuk belasan blog yang saya kelola bersama suami juga menulis untuk mereka yang membutuhkan. Untuk kerja sama bisa kontak saya di linamuryani01@gmail.com

Posting Komentar untuk "Softskill Era Digital yang Wajib Kamu Miliki"