Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percaya Nggak Sih Ada Banyak Manfaat Bermain Game di Plays.org?

Mungkin kita sering berprasangka, mereka yang hobi bermain game baik itu via smartphone, tablet maupun PC hanyalah orang kurang kerjaan saja. Namun faktanya kini permainan virtual ini telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga yang kemudian dikenal dengan nama e-Sport.

manfaat bermain game di plays.org
plays.org

Dan kali ini saya tidak ingin membahas tentang e-Sport tapi lebih tentang manfaat dari bermain game itu sendiri. Diantara sekian banyak penyedia game atau permainan yang bisa diakses dengan mudah tentu menempatkan plays.org sebagai yang terbaik.

Bagaimana tidak, mereka ini menyuguhkan ratusan game yang bisa diakses untuk siapa saja. Bukan hanya untuk kalangan dewasa semata tapi juga untuk anak-anak.

Dengan demikian jelas game ini sangat aman dan para orang tua tidak perlu was was ketika anak-anak bermain. 

Lebih Dekat Dengan Plays.org

Plays.org bisa jadi adalah surga bagi mereka yang ingin main game tanpa ribet. Dimana kita sebagai pengguna tidak perlu download dan cukup registrasi untuk memainkannya.

Game ini sangat ringan dan mudah dimainkan. Terlebih jumlah permainan yang ada yang mencapai ratusan. Memberi kesempatan bagi siapa saja untuk mengeksplore lebih banyak permainan tanpa takut pulsa habis.

Berbagai game kekinian hingga yang paling jadul bisa ditemukan. Mungkin, bila kamu adalah generasi ‘lawas’ dan ingin mengulang masa-masa kecil maka Plays.org adalah pilihan yang tepat.

Seperti yang saya katakan diatas bahwa bermain game ternyata miliki sejumlah manfaat antara lain:

1. Menghilangkan Rasa Bosan

Menanti atau menunggu adalah salah satu kegiatan paling menyebalkan di dunia. Tak ingin waktu berjalan begitu lama maka saatnya ambil smartphone dan pilih permainan favorit.

Smartphone generasi dulu pun masih bisa digunakan untuk memainkan permainan ini. Jadi jangan takut bila ingin senang-senang harus menggunakan smartphone kekinian dan paling canggih.

2. Menghilangkan Rasa Sakit

Mungkin sulit dipercaya tapi hal ini bisa dibuktikan secara ilmiah. Dimana pada tahun 2010 dan 2012 terdapat publikasi tentang salah satu manfaat game adalah menghilangkan rasa sakit.

Dalam konferensi American Pain Society pada 2010 terdapat sejumlah ilmuwan yang mempresentasikan fakta ini dimana dengan bermain game mampu mengurangi kecemasan maupun rasa sakit. Khususnya penyakit yang disebabkan penyakit kronis.

Sementara itu pada 2012 terdapat tinjauan literatur yang diterbitkan American Journal of Preventive Medicine terdapat 38 penelitian terkait bermain game. Dan hasilnya mampu meningkatkan kesehatan pasien.

3. Tetris Bisa Bantu Kurangi Trauma

Salah satu game favorit sepanjang masa dan bisa dikatakan cukup jadul tentu saja game tetris. Di mana dalam permainan ini kita cukup menyusun balok-balok untuk mendapat poin. Sederhana memang tapi ketegangan tetap akan terasa saat memainkannya.

Dalam sebuah penelitian di rumah sakit yang ada di kota Oxford Inggris ditemukan fakta menarik. Mereka para korban kecelakaan yang diberi permainan ini memiliki kilas balik terhadap kecelakaan yang lebih kecil daripada mereka yang tidak diberikan. Permainan ini diberikan secara acak dengan durasi 20 menit.

4. Game Mampu Atasi Disleksia

Hasil yang cukup menggembirakan ditemukan pada tahun 2013 dimana anak-anak yang mengalami disleksia atau kesulitan membaca bisa diberikan terapi dengan bermain game. Mereka yang diberikan game ini memiliki kecepatan membaca yang lebih baik daripada mereka yang tidak diberikan.

Sementara itu perawatan tradisional ternyata membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kemudian mampu membaca dengan tingkat akurasi yang baik. Mereka yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah anak-anak pada usia 7 hingga 13 tahun.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognisi

Otak sejatinya bisa ditingkatkan kemampuannya dengan bermain game. Dan hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan PLoS ONE di tahun 2013.

Para peneliti menemukan mereka yang sering bermain game dalam waktu yang cukup panjang memiliki tingkat intelektual yang lebih baik. Jenis permainan yang digunakan dalam penelitian itu adalah game aksi dan game non aksi.

Dengan mengetahui itu semua tentu kita makin yakin bahwa bermain game di Plays.org tidak akan menimbulkan masalah meski dimainkan anak kecil sekalipun. Paling penting adalah pendampingan orang tua untuk memberikan edukasi yang tepat.

Jangan sekali-kali melakukan pembiaran khususnya pada anak-anak di bawah usia 13 tahun. Dan tak ada salahnya untuk menemani mereka bermain plays.org.

Posting Komentar untuk "Percaya Nggak Sih Ada Banyak Manfaat Bermain Game di Plays.org?"