11 Tips Karir Sukses Bagi Fresh Graduate yang Bisa dilakukan

Semua orang pastinya ingin sukses, seolah menjadi kalimat klasik. Pasti, semua orang ingin sukses hanya saja tidak semua orang bisa sukses dengan mudah. Oleh karena itu menjadi penting mengetahui dan memahami tips karir sukses, khususnya bagi mereka yang fresh graduate.

tips karir sukses
pixabay.com

Butuh panduan pastinya dan sebisa mungkin memiliki mentor yang tepat sehingga bisa mengarahkan ke mana kaki hendak melangkah. Seorang Ronaldo atau pun Messi bisa hebat seperti saat ini juga bukan perkara mudah dan terjadi tiba-tiba.


Mungkin mereka memang berbakat mengolah kulit bundar tapi ingat pula ada yang melatih mereka hingga menjadi sosok luar biasa. Dalam hal karir pun demikian, seseorang hendaknya punya mentor yang siap membimbing hingga puncak tertinggi.


Sebelum kamu punya mentor ada baiknya lakukan beberapa tips berikut ini:


1. Disiplin


Tak ada orang sukses tanpa kata disiplin. Sikap positif ini mampu membuat seseorang senantiasa ada progres setiap hari. Guna memastikan hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan esok wajib lebih baik dari saat ini.


Pastikan setiap ada penugasan dari atasan untuk diselesaikan tepat waktu. Akan lebih baik bila tuntas sebelum deadline diberikan dan ini pastinya akan menjadi nilai tambah.


Bayangkan bila seorang karyawan tidak disiplin. Pasti akan berpengaruh terhadap pekerjaan satu tim. Bisa jadi harusnya mereka pulang tepat waktu harus ambil lembur karena pekerjaan tidak kunjung usai. 


2. Belajar Tiada Henti


Pernah mendengar pepatah, “Tuntutlah ilmu hingga negeri Cina,” pada zaman dulu negeri ini sangat jauh dari tempat tinggal nabi. Ada satu pesan yang hendak disampaikan dari pepatah ini yakni jangan letih untuk terus belajar.


Terlebih bagi karyawan baru yang memiliki pengalaman kurang dari 2 tahun. Enggan belajar sama saja menyiapkan diri untuk diputus kontrak oleh perusahaan.


Jangan pernah ragu untuk bertanya dan minta masukan kepada rekan kerja yang lebih pengalaman. Amati Tiru Modifikasi apa yang mereka kerjakan untuk kerja lebuh efektif dan efisien.


3. Investasi


Investasi disini bukan hanya sebatas keluar biaya tapi lebih dari itu adalah memberikan effort lebih untuk tenaga dan pikiran. Jangan gelisah bila ada rekan kerja bekerja lebih cepat dan pulang lebih awal.


Bisa jadi mereka lebih mahir dan lebih pengalaman sehingga pekerjaan cepat selesai. Yakin bila saatnya nanti kamu pun demikian.


4. Berani Mencoba


Disini yang ingin saya sampaikan sebenarnya adalah jangan pernah takut mencoba. Kalaupun toh salah dan gagal bisa diulang kembali.


Kesalahan terbesar yang terjadi pada karyawan baru biasanya adalah ketakutan untuk mencoba. Alhasil ia juga tidak akan pernah bisa belajar dari kesalahan.


Orang sukses dan gagal itu hal biasa selama ada semangat untuk bangkit kembali. Yang tak biasa itu adalah tak adanya keberanian untuk berani mencoba hal baru. Yang ada kemudian hanya sebatas melakukan cara-cara lama yang tak efektif.


5. Tetapkan Tujuan


Orang hidup itu wajib memiliki tujuan, pun demikian dalam hal karir maka karyawan pun harus menetapkan tujuan apa saja yang hendak dicapai. Kehilangan tujuan bisa jadi akan kehilangan semangat.


Yang ada kemudian kerja hanya sebatas kerja. Menukar waktu dengan sekian rupiah dan itu akan terus berlanjut hingga selesai cerita. 


Susun tujuan sedemikian rupa baik itu untuk jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang. Dengan itu semua kemudian turunkan dalam bentuk timeline kapan harus dicapai.


Dengan cara ini strategi untuk mendapatkan goal juga makin jelas. Menjaga agar tujuan itu selalu di depan mata.


6. Fokus pada Solusi Bukan Masalah


Kesalahan terbesar saat ini adalah orang-orang lebih fokus pada masalah bukan solusi. Mereka bisa membahas masalah hingga berjam-jam tapi lupa memikirkan solusinya apa.


Tak ingin ini terjadi, sejak awal ada baiknya hanya untuk fokus bagaimana mencari jalan keluar atas setiap masalah. Dengan demikian tak ada lagi energi untuk membahas masalah.


7. Proaktif


Malu bertanya sesat di jalan, banyak tanya memalukan. Ketika masih baru dalam sebuah lingkungan jangan ragu untuk proaktif bertanya. Tapi ingat jangan sekali-kali bertanya pada hal-hal yang tidak perlu dilakukan. 


Jangan pernah membatasi diri untuk mencari relasi sebanyak mungkin. Ingat kantor adalah rumah kedua dan selama 8 jam kita akan hidup dengan mereka.


Tak ingin bukan hanya berdiam diri dan akhirnya bingung bila ada masalah. Jauh-jauh hari siapkan diri untuk menjadi bagian dari sebuah tim.


8. Bergaul Dengan Orang Hebat


Sebagai contoh paling mudah, bila kita dengan dengan orang wangi pastinya wangi itu akan menempel dengan kita. Sama halnya dalam hidup, siapa saja yang dekat dengan orang hebat maka ia akan tertular dengan kehebatan orang tersebut.


Faktor lingkungan akan sangat berpengaruh dalam hidup seseorang. Energi positif itu akan terus menyebar hingga 20 meter.


Siapapun orang hebat itu jadikan mentor kamu dan pastikan pula mentor kamu adalah orang berpengalaman sehingga siap memandumu. Bila kamu bertemu orang biasa saja maka siap-siap kelak hanya akan jadi orang biasa juga.


9. Berpikiran Terbuka


Menjadi sangat berbahaya bila seseorang memiliki pikiran tertutup karena ia tidak akan bisa menerima apa yang ada di luar dirinya. Oleh karena itu jauh-jauh hari seting agar pikiran kita senantiasa terbuka khususnya dalam menerima perubahan.


Kerja sama menjadi sebuah keharusan bagi seluruh karyawan yang ada di perusahaan. Untuk bisa kerja sama tentu dibutuhkan pikiran yang terbuka.


10. Hindari Zona Nyaman


Hindari zona nyaman bila kamu tidak ingin tertinggal jauh. Zona nyaman itu bagaikan jebakan batman. Membuat seseorang terlena dan enggan belajar lebih keras, pada akhirnya orang telah sampai di bulan dan kita begitu-begitu saja.


Cara paling mudah untuk hindari zona nyaman adalah meminta tugas lebih dari apa yang harusnya dikerjakan. Bisa juga untuk memasang target pribadi lebih tinggi dari yang ditetapkan perusahaan.


Semisal bila kamu saat ini adalah seorang staf maka ada tak ada salahnya bantu pekerjaan supervisor kamu. Dengan cara ini kompetensi pasti akan naik pesat dan nanti bila saatnya kamu jadi supervisor pasti tidak ada kendala.


11. Rayakan


Terakhir rayakan atas semua kerja keras itu. Bukan dengan pesta atau sejenisnya tapi cukup dengan memberi penghargaan lebih.


Semisal bila setiap hari makan di warteg maka ada baiknya pas gajian makan di restoran. Cara ini setidaknya akan membuat kita mensyukuri atas kerja keras kita selama ini.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama