Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ROG Zephyrus G16, Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop

ROG Zephyrus G16 (GU605)

ROG Zephyrus G16 (GU605)

Laptop ketiga yang saya review tentu saja ROG Zephyrus G16. Laptop ini menjadi salah satu yang terbaik di seri ROG Zephyrus dengan segala keunggulan yang ada.

Bila sebelumnya saya telah menulis tentang ROG Zephyrus G14 yang membuat siapa saja berdecak kagum. Maka ini sudah pasti akan membuat takjub dan siapapun ingin memilikinya. Namun bila benar bahwa ROG Zephyrus G16 adalah laptop impian maka bersiaplah merogoh kocek lebih dalam.


Laptop ROG Zephyrus G16 (GU605) pun dikenal sebagai laptop 16-inci paling tipis, ringan, dan powerful di dunia. Menjadikan produk ini begitu laris manis dipasaran.



Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop


ROG Zephyrus G16 (GU605) juga dikenal sebagai pelopor thin and light AI gaming laptop. Laptop 16 inch dengan berat 1,8 kg dan ketebalan 1,49 cm ini menjadi yang pertama di dunia. Namun demikian berbicara tentang performa tetap menjadi yang terbaik.


Laptop tipis ini menggunakan prosesor Intel® Core™ Ultra Series dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Bahkan sejumlah pengguna mengatakan bahwa ROG Zephyrus G16 (GU605)merupakan AI gaming laptop dalam arti sesungguhnya.


ROG Zephyrus G16 (GU605)telah menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Layar dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC ini mampu memberi pengalaman terbaik tanpa adanya tearing atau stuttering. 


Para pengguna akan menikmati fitur gratis berupa XBOX PC Game Pass selama tiga bulan pertama. Ada ratusan game AAA terbaik yang bisa dimainkan, mulai dari  Starfield, Forza Horizon, hingga Microsoft Flight Simulator.


Beberapa kelebihan ROG Zephyrus G16 (GU605) antara lain


1. Thinnest and Lightest


ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir dengan desain modern dan kekinian. Kedua laptop gaming ini (baik ROG Zephyrus G16 maupun ROG Zephyrus G14) telah menggunakan CNC-machined chassis yang diketahui lebih ringan dan kokoh.


Wajar kemudian bila keduanya pun tampil dengan desain sangat tipis. Pun dalam urusan bobot dimana keduanya memiliki berat tak lebih dari 2 kg. Bahkan khusus untuk ROG Zephyrus G16 (GU605) diklaim menjadi laptop 16 inch paling tipis dan ringan di dunia.


Namun demikian ROG Zephyrus tetap miliki ruang yang cukup besar dan lebih baik untuk keyboard dan sistem audio. Hal ini terlihat pada keyboard dan speaker yang ada. Memberi rasa nyaman yang lebih bagi pengguna.


Laptop ROG Zephyrus G16 (GU605) hadir dengan tampilan yang semakin modern dengan adanya fitur Slash Lighting. Lampu LED indikator eksklusif ini memberi kesan modern dan dinamis.


2. Powered by AI


ROG Zephyrus G16 (GU605) identik dengan AI dan ini begitu terlihat dengan jelas. Semua itu tak lepas dari dukungan prosesor Intel® Core™ Ultra Series dengan Ryzen AI.


Intel® Core™ Ultra Series merupakan teknologi terbaru dalam dunia teknologi digital dalam hal ini laptop gaming. Dibangun menggunakan Intel 4 untuk CPU dan ARC untuk GPU terintegrasi. 


Paling menonjol tentu terlihat dari adanya NPU Intel® AI Boost yang berfungsi melakukan akselerasi pemrosesan aplikasi berbasis AI. NPU menjadi faktor utama dan menjadikan ROG Zephyrus G16 (GU605)sebagai AI gaming laptop.


Hal lain yang cukup menarik dan mencuri fokus tentu saja adanya GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4080. Teknologi ini digunakan saat pemrosesan grafis di dalam game, termasuk di dalamnya melakukan pemrosesan encoding dan rendering pada kerja kreatif.


Guna mendukung itu semua ROG Zephyrus G16 juga dibekali teknologi sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang ditenagai tri-fan technology. Kerja sistem pendingin kian optimal dengan adanya liquid metal sebagai thermal compound pada CPU maupun GPU.


Tak kalah menarik pada beberapa varian yang telah menggunakan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080. Sistem pendingin yang digunakan berbasis vapor chamber untuk hasil lebih baik tanpa suara yang berisik.


3. World’s 1st OLED Gaming Laptop with VRR


Keunggulan lain yang nampak pada  ROG Zephyrus G16 (GU605) tentu adanya teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Hal ini berkat adanya ROG Nebula Display dengan panel OLED.


Kualitas warna didapat pun jauh lebih sempurna dan akurat dengan color gamut hingga 100% DCI-P3 dan delta-E < 1. Rasio kontras yang ada pun sangat tinggi dan hal ini diakui dunia, tersertifikasi standar industri.


Fitur ini juga sangat mendukung adanya teknologi HDR dengan  response time 0.2 ms. Menjadikan pengalaman bermain game benar-benar di atas ekspektasi yang ada.


Lina
Lina Hey semua, perkenalkan nama saya Lina. Seorang ibu rumah tangga yang dikala senggang menulis untuk berbagai platform. Saat ini selain menulis untuk belasan blog yang saya kelola bersama suami juga menulis untuk mereka yang membutuhkan. Untuk kerja sama bisa kontak saya di linamuryani01@gmail.com

Posting Komentar untuk "ROG Zephyrus G16, Pelopor Thin and Light AI Gaming Laptop"