Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Fakta Bank BRI yang Begitu Keren

Tak terasa hingga saat ini saya telah menjadi nasabah Bank BRI tak kurang dari 25 tahun. Ingat betul kali pertama saya menjadi nasabah pada tahun 1998.

fakta bank bri
bri.co.id

Waktu itu saya sedang duduk kelas 1 STM dan merasa keren saja bila bisa miliki buku tabungan. Warna buku masih kuning dan tertulis Simpedes. Tak banyak yang saya setor karena hanya sebatas menyisihkan uang jajan.

Bank yang saya pilih saat itu ada di Jalan Gejayan (sekarang Jalan Afandi). Letaknya tak begitu jauh dari STM Pembangunan Yogyakarta dan saya cukup jalan kaki untuk tiba dilokasi.

Entah, kenapa saat itu saya begitu bangga bisa menjadi nasabah. Mungkin dalam benak saya belum cukup banyak anak-anak STM yang miliki buku tabungan. Hal ini terlihat saat berada diantrean hampir tidak pernah ditemukan mereka yang berseragam putih abu-abu.

128 Tahun BRI untuk Indonesia

Namun faktanya, 25 tahun saya menjadi nasabah hanya menjadi bagian kecil dari usia bank BRI. Bagaimana tidak saat ini mereka telah berusia 128 tahun dan artinya hadir 100 tahun lebih dulu sebelum saya menjadi nasabah.

Menjadi bagian dari nasabah BRI membuat saya cukup miliki banyak cerita. Di mana dulu bank ini tidak secanggih seperti saat ini. Namun berbicara tentang pelayanan mereka tetap menjadi salah satu yang terbaik. Mulai dari ketemu customer servis hingga teller.   

Maklum saja dulu tempat saya menabung bank yang satu ini relatif kecil dan menempati bangunan yang tak begitu luas. Saat ini mungkin bila saya ingin menilik bank pertama saya tuju sudah tidak ada.

Saat ini BRI hadir jauh lebih baik dimana mereka miliki space parkir yang cukup luas. Selain itu ada security atau satpam yang siap membantu dan mengarahkan sesuai kebutuhan.

Fakta Bank BRI

Ada banyak fakta menarik terkait bank plat merah yang satu ini. Dikutip dari berbagai sumber maka ini diantaranya:

1. Cikal Bakal Bank BRI

Jarang atau hampir bisa dipastikan tak banyak yang tahu bila bank yang satu ini erat dengan Purwokerto. Hal ini karena cikal bakal bank yang satu ini dri kota ini.

Sosok yang paling berperan dalam kahadiran BRI adalah Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Berdasar catatan sejarah bank ini hadir dengan nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto pada 16 Desember 1895.

Sempat beberapa kali mengalami pergantian nama, dan pada 1934 menjadi Algemene Volkscredietbank atau Bank Kredit Umum. Tak lama setelah era kemerdekaan menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat sekaligus Bank Pemerintah pertama di tanah air.

2. Bank Paling Tangguh

Di tanah air bank BRI menjadi salah satu bank pemerintah paling tangguh. Hal ini ditandai dengan usainya yang mencapai hampir 13 dasawarsa.

Beberapa kali terjadi moneter bank BRI masih mampu berdiri kokoh dan melayani rakyat. Bahkan pada krises moneter 1998 bank ini hampir sama sekali tidak terdampak. Hal ini karena memang aktivitas yang ada dominan dalam negeri.

Bank ini juga sempat mengalami peleburan dengan Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN) pada tahun 1960. Selanjutnya pada tahun 1992 menjadi perusahaan terbatas dan pada tahun 2003 saham yang ada sebagian dilepas kepada publik.

3. Bank dengan Satelit Pertama

Hal yang cukup membanggakan dari bank BRI selain menjadi perusahaan terbatas dan melepas saham tentu saja dengan meluncurkan satelit pertama. Peluncuran itu terjadi pada 2016 dan menjadikan BRI sebagai bank pertama yang miliki satelit.

Dalam prosesnya Bank BRI kerja sama dengan Space Systems dan Arianespace. Satelit yang miliki tugas utama dukung operasional bisnis ini bernama Ariane 5.

4. Kembangkan Sayap

BRI terus berkembang dan bukan hanya sebatas bank konvensional pada umumnya. Di mana mereka mulai melebarkan sayap dengan mengakuisisi lini bisnis lainnya mulai dariSarana NTT Ventura sampai dengan  Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur. 

Tak berhenti disitu, saat ini tentu sangat mudah melihat unit bisnis BRI yang lain mulai dari BRI Syariah, BRI Agroniaga, BRI Life, BRI Remittance, BRI Ventures, BRI Finance, BRINS, Danareksa Sekuritas dan masih banyak lagi.

5. Puluhan Juta Nasabah di Ribuan Cabang

Sampai dengan saat ini bank BRI miliki nasabah sampai dengan dengan puluhan juta. Baik itu yang tersebar di kota, pelosok hingga luar negeri. Menjadi salah satu bank dengan nasabah terbesar ditanah air tentunya.

Guna meng-cover kebutuhan tersebut bank ini juga miliki ribuan cabang. Hal ini sangat mudah terlihat karena dalam satu kecamatan bisa ditemukan satu hingga 3 bank BRI. Yang cukup unik mayoritas nasabah adalah skala mikro dan kecil.

Tak salah kemudian bila bank BRI tak ubahnya pahlawan UMKM dimana banyak kemudahan dan akses diberikan. Jangan kaget kemudian bila jumlah nasabah terus meningkat dengan signifikan.

6. Inovasi Berkelanjutan

Duapuluh lima tahun menjadi nasabah BRI membuat saya yakin bank yang satu ini fokus dengan apa yang namanya inovasi. Hal ini terlihat dari perkembangan yang ada tiap tahunnya.

Berbagai terobosan terutama berkaitan dengan teknologi terus bermunculan. Digitalisasi BRI membuat nasabah begitu mudah dalam mengakses.

Di mana kita sebagai nasabah cukup berada di rumah dan buka smartphone untuk bertransaksi. Hal ini sangat mudah dimaklumi mengingat BRI adalah salah satu bank terbesar di tanah air dan berupaya memberikan layanan terbaik.

Tidak berlebihan kemudian bila saya katakan hadirnya bank BRI untuk Indonesia itu benar-benar terasa. Maklum saja saya selain sebagai nasabah untuk kebutuhan bertransaksi juga sebagai pelaku UMKM yang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga rendah.

Lina
Lina Hey semua, perkenalkan nama saya Lina. Seorang ibu rumah tangga yang dikala senggang menulis untuk berbagai platform. Saat ini selain menulis untuk belasan blog yang saya kelola bersama suami juga menulis untuk mereka yang membutuhkan. Untuk kerja sama bisa kontak saya di linamuryani01@gmail.com

Posting Komentar untuk "6 Fakta Bank BRI yang Begitu Keren"